Oleh: Tim Pelatih Guru Go Blog | 21 Juni 2009

Mengapa Kita Perlu Memiliki Blog Pribadi?

Saya tersenyum-senyum sendiri pagi ini. Bukan karena gila atau kurang waras, tetapi bahagia karena tulisan saya di blog pribadi sudah begitu banyaknya. Tanpa terasa sudah setahun lebih saya ngeblog di internet dan bersamaan dengan itu pula saya merasakan sedikit demi sedikit kemampuan saya dalam menulis menjadi semakin baik. Saya pun merasakan betapa bahagianya bertambah teman dalam dunia maya. Begitu banyak orang yang akhirnya saya kenal di dunia nyata, akibat seringnya ngeblog di dunia maya. Walaupun saya tahu “DUNIA MAYA” tak secantik “LUNA MAYA”..

Kita memang perlu memiliki blog pribadi di internet. Blog bukan hanya mengajari cara kita menulis setiap hari yang berupa diary online, tetapi blog juga dapat menjadi teman setia kita dikala sedih, dan gembira. Semua unek-unek kita bisa dicurahkan dalam blog. Semakin kita ngeblog, maka semakin kita merasakan kekuatan ajaib yang akan membimbing kita ke arah mana tulisan kita tujukan. Tanpa disadari, tulisan itu akan membentuk karakter kita sebagai penulisnya.

Saya menyadari betul bagaimana blog dapat membuat orang menjadi lebih tenar. Nggak percaya? Coba saja buka blog RJ (Rani Juliani) yang cepat sekali dikunjungi oleh pengunjung karena adanya kasus antasari dan meninggalnya nasrudin. Bahkan blognya hampir mengalahkan para blogger papan atas. Itu baru sisi negatifnya dari blog. Kalau dilihat dari sisi positifnya, lihat saja blog raditya dika yang namanya melambung akibat keasyikan ngeblog setiap hari dengan banyolan-banyolan ringan yang membuat kita terasa enteng menikmati indahnya dunia.

Blog memang ajaib. Dia dapat mengantarkan penulisnya ke dunia maya yang merupakan surga bagi orang-orang yang mau belajar. Tetapi blog akan jadi neraka manakala disalahgunakan dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, sehingga kebermanfaatan blog yang seharusnya baik menjadi tidak baik. Masih ingat kasus lapo tuak? Blog yang kemudian di delete oleh wordpress karena menghina agama tertentu.

Bila anda belum memiliki blog pribadi, sebaiknya buatlah. Sudah begitu banyak tutorial gratis cara mudah membuat blog di internet. Anda akan merasakan mudahnya membuat blog dan merasakan kesulitan pada saat mengisinya. Di sinilah akan timbul kreativitas anda dalam menulis. Ingatlah dalam dunia blog, “Content is the king”. Tulisan anda yang akan membuat anda menjadi raja di dunia internet, seperti blognya ndorokakung, budi putra, enda sution, dan masih banyak penulis blog lainnya.

Agar blog yang anda buat menjadi lebih berarti dan dibaca oleh orang banyak, bergabunglah di blog kompasiana.com. Di rumah sehat kompasiana, anda akan dapatkan ilmu pengetahuan bagaimana menulis yang baik dan kreatif. Di blog ini kita bisa belajar dari tulisan kang pepih, mas wisnu, kang iskandar, mas edi taslim, kang taufik, dan penulis kompas lainnya. Pokoknya, blog kompasiana adalah blognya orang belajar dari berbagai disiplin ilmu. Berbagai profesi, dan berbagai usia.

Kompasiana adalah Universitas Terbuka dalam dunia maya yang akan mengantarkan anda untuk ngeblog setiap hari. Di blog ini telah terjadi pembelajaran yang mengundang. Mengundang anda untuk aktif menulis dan memberikan komentar. Silahturahmi dan komunikasi yang dibalut dengan tulisan yang menarik pun berjalan dengan sangat APIK (Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten).

Makanya buruan punya blog pribadi di internet dan rasakan kenikmatan ketika tulisan anda saling tergabung (link) antara blog anda dan blog kompasiana. Kalau anda sudah merasakannya, maka berbagilah. Hanya orang-orang baik, yang mau berbagi pengetahuan, dan pengalaman kepada orang lain. Selamat menjadi blogger dan rasakan keajaiban yang akan menyertai anda!.

http://wijayalabs.wordpress.com/2009/05/11/mengapa-kita-perlu-memiliki-blog-pribadi/

Iklan

Responses

  1. Selamat…. udah pada gabung KGI khan?

  2. pengen punya…
    tapi gtw caranya………..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: